Profil Kepala

Kepala DPMPTSP

Dr. PRASETYO ARIBOWO, SH,MSoc,SC
Kepala DPMPTSP Jateng

Prasetyo Aribowo adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah. Beliau telah mengemban amanah sebagai seorang Aparatur Sipil Negara di berbagai bidang tugas. Mengawali pengabdian sebagai seorang ASN sebagai staf pada Ditjen Migas Kementerian Pertambangan dan Energi. Selanjutnya, di Kabupaten Banyumas sebagai Kasubag Tata Pemerintahan Desa dan Kasi Penetapan di Dinas Pendapatan Daerah. Di sisi lain, ekonomi bukanlah hal yang asing baginya, pengalaman sebagai Kasubag Perindustrian dan Kasubag Promosi Daerah cukup menjadi bekal pelaksanaan tugas. Belum lagi jabatan sebagai Kepala Bidang Ekonomi, Wakil Kepala Bappeda, Kepala Biro Hukum Setda dan terakhir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menjadi pelengkap sekaligus bukti bahwa karier Beliau cukup cemerlang.

Selain kaya akan pengalaman, Prasetyo Aribowo juga memiliki riwayat pendidikan yang membanggakan. Strata 1 ditempuh dengan mengambil jurusan Hukum Internasional di Universitas Diponegoro Semarang dan lulus tahun 1985. Belum puas akan ilmu pengetahuannya, Beliau menempuh program Pascasarjana Local Goverment And Development di University Of Brimingham dan lulus tahun 1997. Selanjutnya, program Doktoral S-3 Studi Pembangunan ditempuh di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga lulus tahun 2012.

Sebelum bergabung di DPMPTSP, beliau memiliki rekam jejak profesional dan penugasan yang cukup panjang. Beliau sudah beberapa kali membawa misi perdagangan Jawa Tengah ke Inggris, Taiwan, Uni Emirat Arab, Thailand, Malaysia, Hongkong dan China serta beberapa negara Eropa lainnya. Berbagai diklat struktural dan kursus baik dalam maupun luar negeri juga telah dilaksanakan dengan baik. Central Java Invesment Business Forum (CJIBF) merupakan salah satu kegiatan yang dilahirkan Beliau pada tahun 2005 saat masih menjabat sebagai Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Sehingga, dengan kata lain, berbicara mengenai investasi dan perizinan bukanlah hal yang baru bagi Beliau karena telah berpengalaman akan hal tersebut. Diluar tugas sebagai ASN di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Beliau masih menyempatkan diri menajar di STT Sangkakala sejak tahun 2015, menjadi Komisaris/ Dewan Pengawas di PT. Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) dan BPR BKK Ungaran.